Three-state logic

Dalam elektronik digital tiga-negara , tiga-negara , atau 3-negara logika memungkinkan port output untuk mengasumsikan keadaan impedansi tinggi , secara efektif mengeluarkan output dari rangkaian, selain tingkat logika 0 dan 1
Ini memungkinkan beberapa sirkuit untuk berbagi jalur output yang sama atau jalur (seperti bus yang tidak dapat mendengarkan lebih dari satu perangkat sekaligus).
Output tiga-negara diimplementasikan di banyak register , pengemudi bus , dan sandal jepit di seri 7400 dan 4000 serta dalam tipe lain, tetapi juga secara internal di banyak sirkuit terintegrasi . Penggunaan khas lainnya adalah bus internal dan eksternal dalam mikroprosesor , memori komputer , dan periferal . Banyak perangkat dikendalikan oleh input aktif-rendah yang disebut OE (Output Enable) yang menentukan apakah output harus ditahan dalam keadaan impedansi tinggi atau menggerakkan muatan masing-masing (ke level 0 atau 1).
Konsep dasar dari keadaan ketiga, impedansi tinggi (Hi-Z), adalah untuk secara efektif menghilangkan pengaruh perangkat dari sisa rangkaian. Jika lebih dari satu perangkat terhubung secara elektrik ke perangkat lain, memasukkan output ke kondisi Hi-Z sering digunakan untuk mencegah korsleting, atau satu perangkat yang mengemudi tinggi (logis 1) terhadap perangkat lain yang mengemudi rendah (logis 0).
Buffer tiga-negara juga dapat digunakan untuk mengimplementasikan multiplexer yang efisien, terutama yang memiliki banyak input. 
Buffer tiga negara sangat penting untuk pengoperasian bus elektronik bersama.
Logika tiga negara dapat mengurangi jumlah kabel yang dibutuhkan untuk menggerakkan satu set LED (tri-state multiplexing atau Charlieplexing ).
Input / output kolektor terbuka adalah alternatif yang populer untuk logika tiga negara. Misalnya, protokol bus I²C (protokol bus komunikasi dua arah yang sering digunakan antar perangkat) menentukan penggunaan resistor pull-up pada dua jalur komunikasi. Ketika perangkat tidak aktif, mereka "melepaskan" jalur komunikasi dan tri-state output mereka, sehingga menghilangkan pengaruh mereka pada sirkuit. Ketika semua perangkat di bus telah "melepaskan" jalur komunikasi, satu-satunya pengaruh pada sirkuit adalah resistor pull-up, yang menarik garis tinggi. Ketika suatu perangkat ingin berkomunikasi, itu keluar dari negara Hi-Z dan membuat garis rendah. Perangkat berkomunikasi menggunakan protokol ini baik membiarkan garis melayang tinggi, atau mendorongnya rendah - sehingga mencegah situasi pertengkaran bus di mana satu perangkat mendorong garis tinggi dan rendah lainnya.
Mikrokontroler awal sering memiliki beberapa pin yang hanya dapat bertindak sebagai input, pin lain yang hanya dapat bertindak sebagai output push-pull , dan beberapa pin yang hanya dapat bertindak sebagai input / output kolektor terbuka . Sebuah mikrokontroler modern yang khas memiliki banyak pin input / output keperluan umum tiga negara yang dapat diprogram untuk bertindak sebagai salah satu dari jenis pin tersebut.
Bus tiga-negara biasanya digunakan antara chip pada papan sirkuit cetak tunggal (PCB), atau kadang-kadang antara PCB yang dicolokkan ke backplane bersama.
Penggunaan logika tiga-negara tidak disarankan untuk koneksi on-chip tetapi lebih untuk koneksi antar-chip. 
Buffer tiga negara yang digunakan untuk memungkinkan beberapa perangkat berkomunikasi pada bus data dapat secara fungsional diganti oleh multiplexer . [4] Itu akan membantu memilih output dari berbagai perangkat dan menulis satu ke bus.

0 Response to "Three-state logic"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Bawah Ini
Adapun Peraturan Di Blog Ini

1.Dilarang Spam
2.Dilarang Memasang Iklan
3.Dilarang Berkomentar Mengandung Sara
4.Berkomentar Lah Yang Sopan

Powered by Blogger.